INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19

Dr. Sri Haryati, M.Pd, Sukarno Sukarno

Abstract


Abstrak

Di Indonesia, era pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak 16 Maret 2020. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda adanya penurunan, bahkan cenderung terjadi kenaikan. Pemerintah Indonesia sudah mengambil tindakan, salah satunya berupa social distancing (pembatasan sosial) ataupun physical distancing (menjaga jarak fisik), agar penyebaran virus dapat ditekan. Terkait dengan masalah-masalah yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, semua lembaga pendidikan diminta untuk menyelenggarakan proses pembelajaran dalam bentuk belajar dari rumah (BDR). Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara konvensional, kini semuanya dialihkan menjadi model pembelajaran berbasis daring. Pembelajaran daring pada dasarnya merupakan model pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan jaringan (internet) jarak jauh, dengan bantuan alat perantara seperti gadget, laptop, smartphone dengan aplikasi seperti google classroom, zoom, skype, whatsapp, hangout, web conference.  Pada dasarnya pembelajaran daring pada era pandemi Covid-19 untuk melaksanakan program sosial atau physical distancing, namun ternyata pelaksanaan program ini menemui banyak kendala, terutama ketidaksiapan pengajar dan pembelajar. Tulisan ini membahas salah satu upaya inovatif berupa strategi pembelajaran 4C, yaitu critical thinking, creativity thinking, collaboration, dan communication. Metode penelitian ini menggunakan wawancara virtual dan dokumentasi.

 

Kata kunci: inovasi pembelajaran, pandemi covid-19, strategi 4C

 

Abstract

In Indonesia, the era of Covid-19 pandemy has been occurring since 16 March 2020. Until recently, there have been no signals of a decrease, even though it tends to  increase. The Indonesian Government has been carrying out social or physical distancing in order that the virus spread can be limited. In relation to the pandemic problems, all the educational institutions are expected to carry out the studying from home (SFH) program. This means that all the conventional teaching-learning processes should be changed into online learning. Basically, online learning is a learning model using an internet network, taking the advantages of instruments like gadget, laptop, or smartphone with the applications such as google classroom, zoom, skype, whatsapp, hangout, or web conference. The main purpose of online learning is to implement the social or physical distancing program. However, the implementation of this program faces many problems. especially the readiness of the teachers or lecturers and the students. This article describes an innovative solution by using 4Cs learning strategy, they are critical thinking, creativity thinking, collaboration, and communication. This research method uses virtual interviews and documentation.

 

Keywords: 4Cs strategy, covid-19 pandemy, learning innovation


Keywords


inovasi pembelajaran; pandemi covid-19; strategi 4C; learning innovation; covid-19 pandemy; 4Cs strategy

Full Text:

PDF

References


Irawan, Hendra, “Inovasi Pendidikan Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19” https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--inovasi-pendidikan-sebagai-antisipasi-penyebaran-covid-19

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (Covid-19)”, Februari 2020, pp.11-13. https://www.persi.or.id/images/2020/data/pedoman_kesiapsiagaan_covid19.pdf

Update Sebaran Virus Corona di Dunia dan di Indonesia Rabu (27/5/2020)

https://mataram-tribunnews.com

Ikhsan, Muhammad, “Belajar Secara Daring pada Era Pandemi Covid-19, Efektifkah ?” https://www.gorau.com>berita>baca>belajar-secara-daring

Dewi, Laksmi, “Rancangan Program Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi: Studi kasus pada Mata Kuliah Kurikulum Pembelajaran di Universitas Pendidikan Indonesia”, Edutech, Tahun 16, Vol. 16, No.2, Juni 2017, pp 3-4.

https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/7616

Haryati, Sri, “Inovasi dalam Pembelajaran Pengantar Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”, 2019. pp 304-319.

https://semnas.untidar.ac.id/wp-content/uploads/2020/01/PROSIDING-SEMNAS-FKIP-2019.pdf

Puspitasari, Rina. “Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan di Indonesia”,

https://iain-sukarta.ac.id>hikmah-pandemi-covid-19-bagi




DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v4i2.3717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Education and Learning

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.